Selasa, 18 Agustus 2009

SENI MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE GOOGLE

1. Penggunaan Tanda Petik (")
Penggunaan tanda petik digunakan untuk mengunci kata apabila di dalam search engine kita memasukan dua kata atau lebih. hal ini digunakan untuk memperkecil kesalahan atau meningkatkan pengakurasian pencarian data oleh Search Engine.
Contoh : Ketikan BANDUNG BARAT pada search engine
Maka hasil pencarian akan menampilkan situs-situs atau blog yang mengandung kata BANDUNG dan BARAT.
tetapi apabila kita menambahkan tanda petik (") seperti "BANDUNG BARAT"
Maka yang akan keluar adalah situs-situs atau blog yang hanya mengandung BANDUNG BARAT di dalam situs yang ditampilkan google.

2. Pencarian File Berdasarkan Tipe/Jenis File
mesin pencari Google juga mampu membaca berdasarkan jenis file yang kita cari. pencarian berdasarkan file ini mempunyai syntax: Filetype:(jenis file yang kita Cari tanpa spasi)
Contoh :
Apabila kita mencari file yang berbentuk Adobe Portable Document Format (PDF) maka yang kita ketikan kedalam search engine adalah :
Filetype:Pdfmaka yang akan keluar dari hasil pencarian kita adalah hanya file-file yang berbentuk PDF.
Google bisa mencari 13 bentuk file yang bisa menggunakan dalam metode ini, yaitu :

1. Adobe Portable Document Format (PDF)
2. Adobe PostScript (ps)
3. Lotus 1-2-3 (wk1, wk2, wk3, wk4, wk5, wki, wks, wku)
4. Lotus Wordpro (lwp)
5. MacWrite (mw)
6. Microsoft Excel (xls)
7. Microsoft Word (doc)
8. Microsoft PowerPoint (ppt)
9. Microsoft Works (wks, wps, wdb)
10.Microsoft Write (wri)
11.Rich Text Format (rtf)
12.Shockwave (swf)
13.Text (txt),
3. Mencari Bagian dari URL
Pada umumnya kita mencari berdasarkan isi dari sebuah halaman HTML, tapi sebenarnya proses pencarian bisa sangat bervariasi sekali, kita bisa mencari bagian URL yang tidak dapat kita ketahui dengan cara tertentu. Sebagai contoh saya ingin mencari URL yang ada kata forum, seperti yahoo.com/forum. Pencarian ini bisa dilakukan dengan menggunakan syntax inurl dan allinurl Fungsi keduannya sama saja yaitu mencari URL, perbedaannya adalah inurl bisa digabung dengan operator lain sedangkan allinurl tidak bisa digabung dengan operator lain. Sebagai contoh, masukan kata inurl:admin forum maka hasil pencarian yang ditampilkan adalah situs-situs yang mempunyai kata Admin pada URL dan Forum pada halaman isi.

4. Mencari Berdasarkan Title
Operator intitle dan allintitle adalah operator yang khusus digunakan untuk mencari kata didalam title sebuah situs. Title adalah suatu judul dalam situ/website tertentu. Sebagai contoh saya ingin mencari website yang ber-title/judul Free eBook maka saya memasukan operator intitle:Free eBook maka akan tampil adalah :Nah operator intitle dan allintitle berfungsi untuk mencari title yang digunakan sebuah situs. Untuk operator allintitle silahkan kamu coba sendiri dan liat perbedaannya.

5. Mencari Site
Operator ini berfungsi untuk mencari kata tertentu dalam situs/website. Sebagai contoh saya ingin mencari kata Internet pada situs http://www.jasakom.com/, maka syntax yang saya masukan adalah site:www.jasakom.com Internet.

6. Mencari Link
Operator ini berfungsi untuk mencari situs-situs mana saja yang mempunyai link tertentu, Contohnya saya akan mencari situs mana saja yang memuat Link ke situ www.facebook.com maka saya memasukan syntax link: www.facebook.com.
Terlihat beberapa situs yang mencantumkan situs
www.facebook.com kesitus mereka. Kamu bisa menggabungkan operator-operator diatas agar pencarian kamu lebih maksimal, jangan takut mencoba menggabungkan operator-operator tersebut. Sebetulnya masih banyak syntax - syntax yang bisa kamu gunakan tapi apagunanya materi diatas kalau tidak di aplikasikan untuk mencari syntax lainnya.

Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar